Cara Membuat Kuesioner Penelitian di Google Form - PM Render

 

Kuesioner Google Form

Jika Ingin Bertanya Langsung bisa hubungi saya via fanpage FACEBOOK : Tutorial Gratis By Phiter

Cara membuat kuesioner Penelitian di google form merupakan cara baru yang digunakan dalam melakukan penyebaran kuesioner secara online. Tidak seperti cara lama yang biasanya digunakan adalah dengan menggunakan hardcopy atau print kerta yang kemudian dibagikan secara langsung kepada responden. Namun dengan perkembangan teknologi saat ini cara tersebut tidak lagi digunakan karena dianggap tidak efisien sebab peneliti harus banyak mengeluarkan biaya dan waktu dalam melakukan penyebaran kuesioner penelitian.

Cara membuat kuesioner penelitian di google form merupakan cara yang efisien dalam melakukan penelitian yang menggunakan kuesioner sebagai alat pengumpulan data penelitian oleh penulis atau si peneliti. Namun saat ini masih banyak yang belum memahami bagaimana cara membuat kuesioner penelitian di google form atau cara membuat kuesioner penelitian kuantitatif di google form.

Sebelum ditunjukan bagaimana cara membuat kuesioner di google form terlebih dahulu harus kita ketahui tentang apa itu google formGoogle Forms sendiri merupakan layanan dari atau produk dari Google yang penggunaannya dimaksudkan untuk memudahkan pengguna dalam membuat survei atau membuat kuesioner penelitian, formulir dan semacamnya yang berbasis online atau digital. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang pribadi maupun perusahaan yang memanfaatkan produk google form untuk berbagai keperluan. Seperti untuk membangun hubungan dan relasi bersama pelanggan hingga mendapatkan hasil survei tentang suatu produk atau isu tertentu.

Nah, bagi anda yang belum mengetahui cara membuat kuesioner di google form atau cara membuat kuesioner penelitian di google form bisa mengikuti langkah-langkah membuat kuesioner penelitian di google form yang saya jabarkan dalam beberapa tahapan, diantaranya adalah

Menyiapkan pertanyaan kuesioner atau pernyataan kuesioner

Sebelum membuka halaman google form yang akan digunakan untuk membuat kuesioner penelitian di google form terlebih dahulu kita menyiapkan pertanyaan kuesioner atau pernyataan kuesioner terlebih dahulu. hal ini dimaksudkan untuk mempermudah kita dalam menyiapkan halaman google form untuk kuesioner penelitian kita. Bisa kita gunakan microsoft excel untuk membuat kuesioner penelitiannya atau bisa juga menggunakan microsoft word untuk membuat kuesioner penelitiannya. setelah selesai menyipakan pertanyaan kuesioner penelitian atau pernyataan kuesioner penelitian langkah selanjutnya adalah kita menyiapkan halaman google form yang akan kita gunakan nantinya.


Kuesioner Penelitian Kuantitatif

Menyiapkan Halaman Google Form

Setelah memiliki kuesioner penelitian yang telah disiapkan sebelumnya langkah selanjutnya adalah menyiapkan halaman google form. Gunakan browser apabila anda menggunakan PC atau Laptop, dan bisa menggunakan aplikasi Drive jika anda menggunakan handphone atau smartphone.

  • Buka Google Drive
  • Creat New File (Buat file Baru)

Create New File (Buat File Baru) di Google Drive

Setelah membuka google drive klik button BUAT yang memili icon + seperti yang ditunjukan pada gambar diatas dengan panah merah. setelah klik button ADD atau BUAT file selanjutnya kita klik google formulir atau google form dalam bahasa inggrisnya (lihat petunjuk gambar dibawah ini). setelah klik google formulir atau google form maka secara otomatis kita akan diarahkan ke halaman google form dan secara otomatis file google form akan ada pada google drive kita.

Membuat google form

Cara Membuat Kuesioner Di Google Form

Nah kini kita telah berhadapan dengan halaman google form yang akan kita gunakan untuk membuat kuesioner penelitian di google form. bagaimana cara membuat kuesioner di google form ? langkah pertama adalah kita mengisi judul kuesionernya. Judul kuesionernya di sesuaikan dengan judul penelitian kita.

Cara membuat kuesioner penelitian di google form

Seperti yang ditunjukan pada gambar diatas untuk font bold yang berukuran besar merupakan JUDUL KUESIONERNYA sedangkan dibagian bawahnya adalah contoh Deskripsi kuesionernya. Dikarenakan kita membutuhkan bantuan responden sehingga deskripsi kuesioner di google form harus diisi dengan sapaan pembuka, karena ini merupakan penelitian akademis sehingga sapaan pembuka pada kuesioner di google form harus bersifat formal.
Setelah selesai membuat judul kuesioner dan deskripsi kuesioner di google form langkah selanjutnya adalah membuat BAGIAN ke dua pada GOOGLE FORM. Bagian kedua yang dimaksud adalah bagian kuesioner di google form yang akan digunakan utnuk mengumpulkan data karakteristik responden kita, apa yang dimaksud dengan karekteristik responden ? karakteristik responden adalah gambaran atau deskripsi tentang identitas responden kita seperti: Jenis kelamin, Usia, Tingkat pendidikan dan lain-lain.
Bagaimana cara menambahkan bagian karakteristik responden pada kuesioner di google form ? Caranya adalah dengan klik pilihan "Menambahkan Bagian" yang memiliki icon dua balok, lihat contoh gambar dibawah ini

Menambahkan Bagian Kuesioner Di Google Form

Setelah menambahkan bagian maka akan muncul secara otomatis bagian kedua dengan berada persis dibawah bagian judul kuesioner di google form dan deskripsi kuesioner di google form yang merupakan Bagian pertama.

Menambahkan Bagian Kuesioner Di Google Form


Langkah selanjutnya adalah dengan mengisi Judulnya dengan kalimat "Karakteristik Responden", dan bagian deskripsinya bisa dikosongkan saja, atau bisa diisi dengan kalimat permintaan agar responden dapat mengisi bagian karaktersitik responden dengan lengkap dan sesuai dengan kepribadian respondennya.

Langkah selanjutnya adalah mengisi pilihan-pilihan untuk dipilih responden berdasarkan informasi karakteristik responden yang kita butuhkan dari kuesioner penelitian di google form. Pada umumnya data karakteristik responden yang dibutuhkan adalah: Nama (optional), Jenis kelamin, Usia, Tingkat Pendidikan.

  • Mengisi Pertanyaan mengenai karakteristik responden pada kolom pertanyaan
  • Setelah itu kita bisa membuat pilihan jawaban yang akan kita gunakan pada kuesioner di google form berbentuk pilihan ganda atau model cek list, kita bisa memilih bentuk model pilihan jawaban kuesioner di google form dengan klik opsi yang ada disudut kiri atas pada kotak pertanyaan kuesioner di google form
Mengubah Model Pilihan Jawaban Kuesioner di Google Form

Sampai disini kita telah selesai membuat bagian karakteristik responden pada kuesioner penelitian di google form.

Langkah terakhir adalah membuat bagian ke-3 dengan klik TAMBAHKAN BAGIAN dengan icon 2 balok sebagaimana yang kita gunakan untuk menambahkan bagian karaktersitik responden diatas. Pada bagain ke-3 ini akan kita gunakan untuk mengisi pertanyaan kuesioner penelitian di google form atau untuk mengisi pernyataan kuesioner penelitian di google form.

Untuk bagain judulnya bisa kita isi dengan kata "PERTANYAAN KUESIONER" dan bagain deskripsinya bisa kita isi dengan penjelasan tata cara mengisi kuesioner penelitian di google form. Kemudian setelah melengkapi bagian deskripsinya langkah selanjutnya kita menambahkan pertanyaan dengan klik TAMBAHKAN PERTANYAAN dengan icon + yang ada disamping kanan kotak bagian tersebut.


Cara menambahkan pertanyaan kuesioner di google form

Selanjutnya ulangi cara yang sama dengan menambahkan pertanyaan kuesioner penelitian di google form seperti cara diatas. Sampai disini anda telah berhasil membuat kuesioner penelitian di google form. Bagi anda yang ingin mengetahui cara membuat kuesioner penelitian di  google form dengan melihat video tutorialnya bisa nonton video tutorial cara membuat kuesioner penelitian di google form dibawah ini

Video tutorial cara membuat kuesioner penelitian di google form




#caramembuatkuesionerpenelitiandigoogleform #caramembuatkuesionerdigoogleform #carasettingkuesionerdigoogleform #caramenambahkanpertanyaankuesionerdigoogleform #caramembuatkuesionerpenelitiankuantitatifdigoogleform #kuesionerpenelitian #kuesioneronline #caramembuatkuesioneronline #kuesionerpenelitiankuantitatif #googleform #halamangoogleform #carasettinghalamangoogleform #googleformulir